Minggu, 05 Juni 2011

Perawatan Kenari Ganti Bulu


Seperti telah disebutkan, ganti bulu bukanlah penyakit. Bulu-bulu burung akhirnya akan rusak. Pergantian bulu setiap tahun sangat diperlukan oleh burung. Alam mengaturnya, Itu berlaku bagi semua burung, termasuk burung kenari Bagi wilayah Eropa, yang mempunyai pergantian musim dengan jelas, disebutkan bahwa musim ganti bulu itu terjadi pada akhir muslin panas dan permulaan muslin gugur. Pergantian utama terjadi di bulan Agustus dan September. Burung-burung muda dalam tahun pertamanya hanya mengganti bulu-bulu lembutnya, bukan bulu-bulu besar yang perlu untuk terbang dan pengendalian terbangnya, seperti di sayap dan ekor. Pergantian bulu secara lengkap terjadi hanya setelah tahun ke dua. Mengenai waktu pergantian bulu di negara kita, belum diketahui dengan pasti dan jelas.
 
Tidak menemukan tulisan untuk itu dan tidak yakin tentang “musim ganti bulu” bagi burung kenari. Tetapi kalau memperhatikan adanya beberapa ekor burung yang ganti bulu dalam waktu berdekatan, boleh jadi itu terjadi lebih awal dan keadaan di Eropa, atau boleh jadi mundur. Masa ganti bulu mi merupakan suatu masa “penderitaan” bagi semua burung. Mereka lebih suka berada di tempat yang terpencil tanpa gangguan. mi masuk akal, sebab dalam masa ini kemampuannya untuk terbang terganggu dan burung tidak mendapat perlindungan dan serangan suhu dan cuaca. Walaupun itu semua memberikan “tekanan batin” atau stress.
 
Seperti telah disebutkan, dalam masa ganti bulu burung kenari tidak bernyanyi. Dan bila waktunya telah berlalu burung kemudian “belajar” bernyanyi lagi. Dalam masa ganti bulu in makanan yang mengandung gizi dan vitamin tinggi benar-benar sangat diperlukan. Terutama bahan mineral, dapat mempercepat pergantian bulu dengan cara yang balk. Di masa lalu, untuk mempercepat proses ganti bulu itu orang memakai “garam ganti bulu”. Tetapi dewasa ini telah tersedia bermacam-macam obat yang dapat dipakai untuk pergantian bulu ini.
 
Disebutkan bahwa masa ganti bulu mi berjalan kira-kira 6 minggu. Akhir dan masa ganti bulu ini ditandai dengan pertumbuhan bulu di sekitar kepala dan leher. Kemudian dalam waktu kira-kira dua minggu burung akan mulai menyanyi kembali. Di saat ini sayuran (makanan hijauan) hendaknya diberikan lebih banyak dan biasanya.
Di samping itu perlu diberikan makanan yang mengandung kalsium. Cara yang paling murah adalah memberlkan kulit telur rebus yang telah dikeringkan di oven yang kemudian dilumatkan. Burung yang ganti bulu hendaknya diusahakan agar proses ganti bulunya benlangsung dengan cepat. Untuk itu hendaknya burung jangan terlalu banyak terganggu atau diganggu. Kalau burung ini banyak dipindah atau diganggu, boleh jadi burung ini akan menjadi apa yang dikenal dengan istilah “melekat terus di ganti bulu” (terjemahan bebas dan “stuck in the molt”), yaitu suatu keadaan yang seolah ganti bulu itu tidak berakhir. Keadaan ini dapat berjalan Iama dan umumnya menñnbulkan lebih banyak masalah “penyakit bulu” dengan munculnya bulu-bulu yang tidak baik.
 
Penlu disebutkan di sini bahwa lamanya masa ganti bulu ini berbeda-beda. Ada yang menyebutkan enam minggu, dan ada pula yang menyebutkan 12—14 minggu. Tetapi yang jelas pergantian bulu terakhir terjadi di bagian muka dan kepala. Boleh jadi yang diniaksud enam minggu itu adalah masa ganti bulu saja. Sedang waktu yang diperlukan sampai burung kembali seperti semula
(berkicau lagi) adalah 12— 14 minggu. Jadi terletak pada perbedaan melihat masalah. Keadaan kesehatan, ketenangan, dan gizi makanan mempunyai saham besar dalam mempercepat proses itu. Sehingga dengan penanganan yang sangat baik masa pergantian bulu itu dapat dipereepat sampai setengahnya. Dalam hal ada yang berganti bulu lengkap dalam waktu 4—6 minggu, tetapi menantikan burung berkicau kembali seperti semula tidaklah sama waktunya, yaitu satu sampai dua bulan dan bahkan lebih. Bahkan ada burung-burung ada yang “macet


Tips Sehat Alami


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Total Tayangan Laman

Copyrights  © edna disnak 2012 and introducing Panasonic S30

Back to TOP